7 Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Anak Dan Dewasa: Pas Untuk Keluarga!

Menyajikan makanan yang sehat untuk anggota keluarga adalah sebuah keharusan sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh keluarga Anda dapat terpenuhi. Yang lebih penting lagi, makanan sehat ini juga dapat membantu tumbuh kembang anak-anak dalam masa emas pertumbuhannya. Di masa ini mereka membutuhkan banyak nutrisi untuk otak, tumbuh kembang tubuh dan juga sel syaraf.


Jadi tak heran bila banyak orang tua yang mencari tahu apa saja makanan yang cocok untuk keluarga, disukai oleh semuanya demi kehidupan yang sehat. Untuk Anda yang ingin tahu makanan apa saja yang cocok untuk anak dan dewasa, beberapa alternative ini bisa dijadikan sebagai solusi. Anda bisa mengolahnya menjadi masakan yang digemari dan menimbulkan nafsu makan sehingga semua anggota keluarga menyukainya.

Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Keluarga

1. Sayuran berwarna hijau

Sayuran adalah salah satu sumber nutrisi yang harus dikonsumsi agar memiliki tubuh yang sehat. Banyak sekali kandungan gizi yang terkandung di dalamnya seperti karbohidrat, vitamin, mineral, antioksidan, serat dan lain sebagainya. Anda dapat mengolah sayuran hijau ini menjadi berbagai macam sayur yang disukai. Agar tidak bosan, Anda dapat mengganti menu dan mengkombinasikannya dengan bahan lainnya.

2. Ikan laut

Seperti yang kita tahu, ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat dianjurkan. Kandungan vitamin dan nutrisinya sangat penting terutama untuk kecerdasan otak. Memasak ikan laut ini bisa Anda jadikan pilihan sebagai lauk atau mengolahnya dengan dicampur dengan sayuran. Agar lebih nikmat, olahlah ikan sesuai dengan kegemaran keluarga misalnya dengan cara dibakar atau di goreng.

3. Susu

Susu adalah penyempurna dari nutrisi makanan dan sangat disarankan bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tingginya kandungan kalsium dapat membentuk tulang dan gigi Anak menjadi sehat dan kuat. Selain itu berbagai nutrisi yang lainnya juga akan memaksimalkan pertumbuhan otaknya agar syarafnya dapat terbentuk dan berfungsi dengan maksimal.

4. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang bisa dibilang paling sering dikonsumsi dan harganya masih terjangkau. Kandungan kolin di dalamnya dapat mempertajam ingatan dan membuat pertumbuhan otak semakin pesat. Anda dapat dengan mudah mengolah telur ini menjadi berbagai macam lauk dan bisa pula dengan mudah dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya.

5. Pisang

Bicara tentang buah, tentunya ada banyak sekali yang bisa dikonsumsi dan semuanya mengandung kelebihan masing-masing. Salah satu buah yang paling disarankan adalah buah pisang karena tinggi akan nutrisi seperti kalsium, potassium, fosfor, potassium dan lain sebagainya. Selain karena tinggi nutrisi, pisang adalah buah yang murah dan mudah didapat dan tidak mengenal musim.

6. Daging segar

Untuk memaksimalkan pertumbuhan anak Anda, memberikan daging segar yang diolah menjadi masakan yang disukai adalah hal yang sangat penting. Daging segar terutama daging merah ini bagus sebagai asupan tumbuh kembang otak dan tulang anak. Mulailah perkenalkan berbagai olahan daging ke anak agar mereka suka dan olah menjadi masakan yang menarik.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi sumber protein nabati yang baik bagi anak terutama untuk perkembangan otaknya. Hal ini tentu saja akan membuat daya ingatnya semakin kuat dan kemampuan berfikir meningkat. Berbagai macam kacang-kacangan ini dapat Anda sajikan sebagai campuran masakan atau memasaknya sebagai kudapan misalnya saja bubur kacang ijo.

Agar Anda dan keluarga tidak merasa bosan dengan menu yang hanya itu-itu saja, Anda dapat menyusun jadwal menu harian agar lebih bervariasi. Usahakan semua kandungan gizi dan nutrisinya terpenuhi dalam setiap harinya. Jangan putus asa bila anak tidak mau dengan beberapa sumber gizi yang baik bagi tubuhnya karena di sini kreativitas Anda sedang diuji. Anda dapat menyelipkan makanan tersebut dalam olahan lain sehingga tidak terlihat wujud dan rasa aslinya. Semoga informasi ini bermanfaat.