5 Langkah Mudah Membuat Rumah Kecil Menjadi Terasa Lega

Kebanyakan orang pasti berharap memiliki rumah yang besar namun hal ini terkadang terkendala oleh budget dan keadaan finansial untuk membelinya. Untuk Anda yang hanya memiliki rumah minimalis, jangan pernah berkecil hati dan menganggap rumah Anda tidak bisa menjadi terlihat lega. Sebenarnya Anda hanya perlu bermain dengan kreativitas yang dimiliki dan pandai memilih design interiornya agar ruangan tidak terkesan terlalu penuh dan sesak. Hal ini tentu saja akan memberikan kenyamanan bagi Anda.


Langkah Mudah Membuat Rumah Minimalis Terasa Lebih Lega

Agar ruangan rumah minimalis Anda menjadi lega, Anda bisa menyimak beberapa tips ini sebagai referensi.

1. Penempatan cermin

Mungkin Anda masih merasa heran apa hubungannya penempatan cermin dengan suasana lega di dalam rumah. Logikanya adalah karena cermin berfungsi memantulkan cahaya ke seluruh ruangan yang membuat bagian dalam ruangan lebih cerah akan membuat ruangan terasa lega.

Anda bisa meletakkan cermin dengan menggantungnya berlawanan dengan jendela agar pantulan cahaya maksimal. Posisi lain yang direkomendasikan adalah di sebrang pintu yang akan membuat ruangan terasa lebih luas. Hal ini cukup simple untuk dicoba dan tidak membutuhkan banyak budget sehingga sangat direkomendasikan.
2. Menambahkan tirai

Tips selanjutnya adalah dengan menambahkan tirai di beberapa posisi ruangan yang Anda lihat terlalu sempit. Cara yang disarankan adalah dengan posisi yang tergantung agar membuat ruangan yang sempit terlihat lebih luas. Posisikan tirai mendekati langit-langit agar hasilnya bisa terlihat maksimal. Dengan adanya tirai, mata pasti akan tertuju pada sisi tersebut dan ruangan akan Nampak lebih luas.

Untuk cara lainnya Anda bisa mencoba memasang tirai dengan melewati lebar jendela sehingga saat tirai dibuka cahaya dari luar akan masuk dengan maksimal. Ruangan yang terkena cahaya akan terlihat lebih luas dari aslinya dan tentu saja lebih terasa lega.

3. Pilih warna dinding yang terang

Hal lain yang bisa Anda coba adalah memberi warna terang pada dinding agar terlihat luas. Adanya warna yang terang akan membuat ruangan kecil yang sebenarnya sempit bisa lebih terbuka dan terang. Selain itu pemilihan warna terang juga akan memberikan nuansa yang lebih menyegarkan dibanding warna gelap yang terkesan membuat ruangan kurang menarik.

4. Jangan terlalu banyak menggunakan meletakkan furniture

Terkadang hal yang membuat rumah minimalis terlihat semakin sempit adalah kurang bijaknya pemilik dalam meletakkan furniture. Bila Anda memiliki ruangan yang kurang, untuk menampung furniture besar dan beraneka ragam, mulailah bijak dalam membeli dan berfikir sebelum membelinya. Jangan sampai Anda memaksakan diri ingin meletakkan ini dan itu sehingga rumah Anda hanya penuh dengan furniture sehingga membuat bingung karena kehabisan space.

Solusinya adalah hilangkan furniture yang tidak terlalu penting dan berukuran besar. Anda dapat meringkas meletakkan barang-barang dalam satu tempat dan pilihlah yang ukurannya kecil. Selain itu Anda juga jangan terlalu banyak meletakkan hiasan dinding yang akan membuat rumah terlihat lebih penuh sesak.

5. Memilih aksesoris yang berukuran besar

Agar ruangan kecil di rumah minimalis Anda tidak terlihat hampa, Anda pasti ingin juga menambahkan aksesoris. Dalam pemilihannya Anda harus cermat karena kesalahan pemilihan aksesoris akan membuat rumah semakin ramai dan terkesan sempit. Pilihlah satu aksesoris yang ukurannya besar namun menjadi fokus dalam sebuah ruangan. Ini akan mengalihkan perhatian dan menjadikan rumah semakin terlihat lega.

Membuat rumah yang minimalis agar terlihat luas memang hal yang gampang-gampang susah, oleh karena itu Anda harus memahami caranya. Pastikan Anda bijak dalam memilih dan pandai dalam membuat skala prioritas yang berkaitan dengan peletakan furniture. Jangan sampai keinginan Anda memiliki ini dan itu menjadikan Anda tidak nyaman di dalam rumah karena rasa yang sempit penuh perabot. Selamat mencoba, semoga rumah minimalis Anda menjadi lebih lega.