Apa Saja yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Rumah di Jakarta

Membeli rumah di Jakarta adalah keinginan dari banyak orang. Dengan memiliki rumah di kota Jakarta, Anda menjadi lebih leluasa untuk tinggal di kota Metropolitan ini. Tentu saja, harga rumah dijual di Jakarta mahal. Bahkan di beberapa titik terbaik di kota Jakarta, harga propertinya melambung dengan sangat tinggi.

Anda akan menemukan banyak iklan jual rumah sekitar Jakarta. Namun, Anda harus benar-benar pintar ketika ingin membeli rumah di kota ini. Faktor apa saja yang harus diperhatikan dengan betul ketika Anda membeli rumah di Jakarta?


Faktor –faktor yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Rumah di Jakarta

Jangan sembarang pilih rumah di Jakarta. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika Anda membeli rumah di kota Jakarta.

1. Apakah rumah tersebut terletak di daerah yang rawan banjir?

Sudah menjadi rahasia umum lagi jika Kota Jakarta menjadi salah satu kota Jakarta yang benar-benar rawan akan banjir. Banjir yang terjadi di Jakarta disebabkan karena kondisi alam di Jakarta yang terletak di dataran rendah. Belum lagi daerah peresapan air di Jakarta benar-benar sangat minim.

Inilah yang membuat beberapa tempat di Jakarta menjadi langganan banjir setiap tahun. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan apakah rumah yang akan dibeli tersebut berada di daerah yang rawan banjir atau tidak. Pilihlah rumah yang berlokasi di daerah yang lebih tinggi agar tidak menjadi sasaran banjir.
2. Apakah rumah tersebut terletak di jalan utama?

Memiliki rumah yang terletak di jalan utama menjadi hal yang diharapkan oleh banyak orang. Dengan memiliki rumah yang dekat dengan jalan utama, ini akan memberikan kemudahan bagi pemiliknya untuk mendapatkan transportasi umum dengan mudah.

Apalagi Jakarta dikenal sebagai kota yang macet. Anda harus mencari lokasi rumah yang benar-benar memenuhi kebutuhan transportasi yang mudah. Jadi, Anda bisa berangkat bekerja dengan lebih tenang tanpa harus bermacet-macetan di jalan.

3. Jarak ke fasilitas umum terjangkau atau tidak?

Setiap orang tentu ingin memiliki rumah yang terjangkau untuk menuju fasilitas umum seperti sekolah ataupun mall. Rumah yang memiliki jarak yang dekat dengan fasilitas umum tentu saja memiliki harga yang tinggi. Namun, rumah dengan lokasi seperti ini tetap saja menjadi incaran bagi banyak orang.

Semakin dekat rumah Anda dengan sekolah dan fasilitas umum lainnya, Anda pun akan menjadi lebih mudah dalam menjangkaunya. Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk berbelanja kebutuhan pokok atau pun untuk mengantar putra dan putri Anda berangkat sekolah.

4. Apakah memiliki hak kepemilikan tanah?

Tidak kalah pentingnya, Anda harus mengetahui dengan pasti apakah rumah yang akan Anda beli tersebut memiliki hak atas kepemilikan tanah yang benar-benar melekat bersih atau tidak. Pasalnya, ada banyak rumah yang merupakan rumah gadai ataupun rumah yang masih memiliki penalti.

Rumah-rumah dengan kondisi tersebut dikatakan sebagai rumah yang tidak layak untuk dibeli. Anda harus benar-benar memilih rumah yang memiliki hak bersih. Hak bersih ini bisa ditunjukkan dengan adanya pengalihan kepemilikan dari penjual kepada pembeli dengan benar. Untuk membuktikan hal tersebut, Anda bisa datang ke kantor pertanahan. Jadi, Anda bisa tahu status dari tanah tersebut secara benar dan tepat.

Jika Anda bermaksud untuk mencari rumah di Jakarta, Anda bisa langsung mendatangi broker yang terpercaya. Broker nantinya akan membantu Anda untuk mencarikan rumah yang terbaik untuk Anda. Meskipun ada biaya yang dikeluarkan untuk jasa broker, namun Anda akan mendapatkan keuntungan karena bisa mendapatkan rumah sesuai impian dengan mudah.